VISI, MISI, TUJUAN, DAN STRATEGI VMTS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
"Mengembangkan pendidikan unggul dan pembelajaran yang berwawasan ilmu ekonomi, koperasi, dan kewirausahaan, serta adaptif terhadap perkembangan IPTEK untuk menghasilkan lulusan yang profesional, dan berjati diri PGRI"
Makna dari kata unggul, profesional dan berjati diri PGRI adalah:
- Makna mewujudkan pendidikan dan pembelajaran adalah: memberikan solusi dalam dunia pendidikan dan pembelajaran seiring dengan perubahan kurikulum.
- Makna Unggul menjadi yang terbaik dalam proses pembelajaran ekonomi sehingga dapat menangkap peluang di dunia pendidikan, perkoperasian, dan sebagai wirausaha.
- Makna Profesional adalah melakukan inovasi dan penerapannya dalam dunia pendidikan, pengabdian, dan penelitian sesuai dengan bidang keilmuan.
- Makna berjati diri PGRI adalah teguh teguh pada sifat-sifat PGRI yang tampak dalam nilai sikap, perbuatan, tindakan, perjuangan yang berlandaskan pancasila, UUD 1945, dan norma agama.
PROGRAM TUJUAN STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
Berdasarkan visi keilmuan tersebut maka tujuan PS adalah sebagai berikut:
- Menghasilkan sarjana pendidikan ekonomi yang berkualitas dan berakhlak mulia yang mampu menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masyarakat.
- Memberikan pengabdian dalam bidang ekonomi, kependidikan dan kewirausahaan berbasis integrasi ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni, yang bermanfaat bagi dunia kerja dan masyarakat.
- Menghasilkan penelitian di bidang ekonomi, kependidikan, koperasi dan kewirausahaan yang inovatif serta tepat guna dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang terintegrasi dengan dunia kerja
- Menghasilkan tata kelola program studi yang baik, adaptif dan terukur berdasarkan standar pelayanan minima.
STRATEGI PENCAPAIAN TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
Strategi pencapaian visi keilmuan PS dikembangkan dalam rumusan CPL sebagai berikut:
S |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
KODE |
SIKAP |
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius, jujur dan sabar; |
S1 |
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
S2 |
|
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbasis keunggulan dan kearifan lokal, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berlandaskan Pancasila; |
S3 |
|
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa; |
S4 |
|
5. Menghargai warisan budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau barang antik orang lain; |
S5 |
|
6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S6 |
|
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S7 |
|
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S8 |
|
9. Mewujudkan sikap tanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
S9 |
|
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan berbasis keunggulan dan kearifan lokal |
S10 |
|
hal |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KODE |
PENGUASAAN PENGETAHUAN |
1. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dalam lingkup pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi untuk merancang dan mengelola pembelajaran ekonomi yang kreatif, inovatif dan kontekstual |
PP 1 |
2. Menguasai konsep-konsep, materi dan metode disiplin keilmuan bidang studi ekonomi dan bidang yang serumpun |
PP 2 |
|
3. Menguasai konsep dasari ilmu ekonomi secara holistik dan berwawasan global untuk mengantisipasi kebutuhan pasar akan sumber daya manusia yang berkualitas |
PP 3 |
|
4. Memahami landasan kependidikan dan peserta didik |
PP 4 |
|
5. Menguasai konsep dasar teori pedidikan dan pengajaran di bidang ilmu ekonomi untuk merancang, mengelola dan melakukan evaluasi pembelajaran ekonomi |
PP 5 |
|
6. Menguasai konsep, materi dan metode ekonomi kreatif dan kewirausahaan secara luas dan mendalam. |
PP 6 |
|
7. Memahami konsep prakonsepsi |
PP 7 |
|
8. Memahami konsep ekonomi kerakyatan |
PP 8 |
|
9. Memahami konsep perkoperasian |
PP 9 |
|
10. Memahami konsep lembaga keuangan bank (konvensional dan syariah) |
PP10 |
|
11. Memahami konsep lembaga bukan keuangan bank (konvensional dan syariah) termasuk pasar modal |
PP11 |
|
KU |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KODE |
KETERAMPILAN UMUM |
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai bidang ekonomi |
KU 1 |
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU 2 |
|
3. Mampu menguraikan pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian di bidang ekonomi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi dan gagasan, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir , dan mengunggahnya di laman perguruan tinggi |
KU 3 |
|
4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya di laman perguruan tinggi |
KU 4 |
|
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang ekonomi, berdasarkan analisis hasil informasi dan data; |
KU 5 |
|
6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denganp embimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU 6 |
|
|
KU 7 |
|
KK |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KODE |
KETERAMPILAN KHUSUS |
1. Mampu memahami dan menerapkan keilmuan ekonomi dan pendidikan ekonomi dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga kependidikan |
KK 1 |
2. Mampu mengembangkan konsep bidang keilmuan pendidikan dan pendidikan ekonomi berbagai alternatif metode, model, dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan TIK dalam pembelajaran ekonomi |
KK 2 |
|
3. Terampil mengaplikasikan prinsip-prinsip berkoperasi , UMKM dan ekonomi kreatif |
KK 3 |
|
4. Terampil dalam menerapkan konsep-konsep lembaga keuangan bank (konvensional atau syariah) |
KK 4 |
|
5. Terampil menerapkan konsep-konsep di lembaga keuangan bukan bank (konvensional dan syariah) |
KK 5 |
|
6. Mengaplikasikan konsep, materi dan metode pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan secara luas dan mendalam. |
KK 6 |
|
7. Mampu menerapkan jiwa kewirausahaan. |
KK 7 |
|
8. Mampu melaksanakan penelitian terkait dengan permasalahan dalam pembelajaran ekonomi dan permasalahan ekonomi. |
KK 8 |
|
9. Mengaplikasikan konsep, materi dan metode pada mata pelajaran ekonomi kreatif dan kewirausahaan secara luas dan mendalam |
KK 9 |
Tag: