Kurikulum
CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI
Capaian pembelajaran (learning outcome) program studi merupakan kompetensi lulusan yang diharapkan, meliputi kompetensi sikap, kompetensi umum, kompetensi pengetahuan dan kompetensi khusus. Adapun penjabaran untuk masing-masing kompetensi sebagai berikut:
1. SKL Ranah Sikap
Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi memiliki sikap sebagai berikut:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
- Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli dan Tangguh” dalam perilaku keseharian;
- Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
2. SKL Ranah Keterampilan Umum
Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi memiliki keterampilan umum sebagai berikut:
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, mengarsipkan dan menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
3. SKL Ranah Pengetahuan
Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi memiliki pengetahuan sebagai berikut:
- Menguasai konsep ilmu ekonomi dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah;
- Menguasai konsep pedagogik dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah;
- Menguasai konsep dan teknik pengembangan perangkat pembelajaran ekonomi;
- Menguasai konsep metodologi penelitian di bidang pendidikan ekonomi untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi.
4. SKL Ranah Keterampilan Khusus
Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:
- Mampu menerapkan konsep ilmu ekonomi dalam pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah;
- Mampu menerapkan konsep pedagogik pada pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan menengah;
- Mampu merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang berbasis pada iptek;
- Mampu merancang dan melakukan penelitian di bidang pendidikan ekonomi serta mengkomunikasikan hasilnya
Struktur Mata Kuliah
No. |
Nama Matakuliah |
Nama Matakuliah (in English) |
Kegiatan |
Status |
Semester ke |
Prasyarat |
|||||||
K |
Pr |
W |
P |
||||||||||
1 |
Pendidikan Pancasila |
Pancasila |
2 |
0 |
√ |
1 |
- |
||||||
2 |
Bahasa Indonesia |
Bahasa Indonesia |
2 |
0 |
√ |
1 |
- |
||||||
3 |
Pengantar Pendidikan |
Principles of Education |
3 |
0 |
√ |
1 |
- |
||||||
4 |
Pengantar Bisnis |
Introduction to Business |
2 |
0 |
√ |
1 |
- |
||||||
5 |
Pengantar Teori Ekonomi Mikro |
Introduction to Microeconomics |
2 |
0 |
√ |
1 |
- |
||||||
6 |
Pengantar Teori Ekonomi Makro |
Introduction to Macroeconomics |
2 |
0 |
√ |
1 |
- |
||||||
7 |
Matematika Ekonomi |
Mathematic Economics |
2 |
0 |
√ |
1 |
- |
||||||
8 |
Pengantar Akuntansi |
Introduction to Accounting |
2 |
1 |
√ |
1 |
- |
||||||
9 |
Pendidikan Agama Islam |
Religion |
2 |
0 |
√ |
1 |
- |
||||||
Pendidikan Agama Katholik |
|||||||||||||
Pendidikan Agama Protestan |
|||||||||||||
Pendidikan Agama Hindu |
|||||||||||||
Pendidikan Agama Budha |
|||||||||||||
Pendidikan Agama Khonghucu |
|||||||||||||
10 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
Civics |
2 |
0 |
√ |
2 |
- |
||||||
11 |
Ilmu Alam Dasar |
Basic Natural Science |
2 |
0 |
√ |
2 |
- |
||||||
12 |
Psikologi Pendidikan |
Educational Psychology |
2 |
0 |
√ |
2 |
- |
||||||
13 |
Bahasa Inggris |
English |
2 |
0 |
√ |
2 |
- |
||||||
14 |
Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen |
Introduction to Management and Administration |
3 |
0 |
√ |
2 |
- |
||||||
15 |
Teori Belajar |
Learning Theories |
3 |
0 |
√ |
2 |
- |
||||||
16 |
Statistik 1 |
Statistics I |
2 |
1 |
√ |
2 |
Matematika Ekonomi |
||||||
17 |
Perpajakan |
Taxation |
2 |
1 |
√ |
2 |
- |
||||||
18 |
Hukum Bisnis |
Business Law |
2 |
0 |
√ |
2 |
- |
||||||
19 |
Aplikasi komputer |
Applied Computer |
3 |
1 |
√ |
3 |
- |
||||||
20 |
Teori Ekonomi Mikro I |
Microeconomics Theory I |
2 |
0 |
√ |
3 |
Pengantar Teori Ekonomi Mikro |
||||||
21 |
Teori Ekonomi Makro I |
Macroeconomics Theory I |
2 |
0 |
√ |
3 |
Pengantar Teori Ekonomi Makro |
||||||
22 |
Telaah Kurikulum |
Curriculum Analysis |
3 |
1 |
√ |
3 |
Dasar-Dasar Kependidikan |
||||||
23 |
Bahasa Inggris Bisnis |
English Business |
2 |
0 |
√ |
|
3 |
Bahasa Inggris |
|||||
24 |
Pengembangan Kepribadian |
Personality Development |
2 |
0 |
√ |
|
3 |
- |
|||||
25 |
Statistik 2 |
Statistics II |
2 |
1 |
√ |
|
3 |
Statistik 1 |
|||||
26 |
Kewirausahaan |
Entrepreneurship |
2 |
1 |
√ |
|
3 |
Pengantar Bisnis |
|||||
27 |
Media Pembelajaran |
Learning Media |
3 |
1 |
√ |
|
4 |
Teori Belajar |
|||||
28 |
Praktikum Akuntansi |
Applied Of Accounting |
3 |
1 |
√ |
|
4 |
Pengantar Akuntansi |
|||||
29 |
Sejarah Pemikiran Ekonomi |
History of Economic Thought |
2 |
0 |
√ |
|
4 |
- |
|||||
30 |
Asesmen Proses dan Hasil Belajar (Evaluasi Pengajaran) |
Assesment |
3 |
1 |
√ |
|
4 |
Statistik 1 & 2 |
|||||
31 |
Teori Ekonomi Mikro II |
Microeconomics Theory II |
3 |
0 |
√ |
|
4 |
Teori Ekonomi Mikro 1 |
|||||
32 |
Teori Ekonomi Makro II |
Macroeconomics Theory II |
3 |
0 |
√ |
|
4 |
Teori Ekonomi Makro 1 |
|||||
33 |
Filsafat Ilmu |
Phylosophy Of Science |
2 |
0 |
√ |
|
5 |
- |
|||||
34 |
Ekonomi Pembangunan |
Development Economics |
3 |
0 |
√ |
|
5 |
Pengantar Teori Ekonomi Makro |
|||||
35 |
Metodologi Penelitian |
Research Methodology |
3 |
1 |
√ |
|
5 |
Statistik 1 |
|||||
36 |
Manajemen Koperasi |
Cooperation Management |
2 |
1 |
√ |
|
5 |
Ekonomi Koperasi |
|||||
37 |
Pembelajaran Inovatif 1 |
Innovative Learning I |
2 |
1 |
√ |
|
5 |
Dasar-Dasar Kependidikan |
|||||
38 |
Ekonomi Koperasi |
Cooperation Economics |
2 |
1 |
√ |
|
5 |
- |
|||||
39 |
Ekonomi Internasional |
International Economics |
2 |
0 |
√ |
|
5 |
Pengantar Teori Ekonomi Makro |
|||||
40 |
Perekonomian Indonesia |
Indonesian Economics |
3 |
0 |
√ |
|
5 |
Ekonomi Pembangunan |
|||||
41 |
Pengembangan Perangkat Pembelajaran |
Instructional Design |
3 |
1 |
√ |
|
6 |
Pembelajaran Inovatif 1; |
|||||
42 |
Metodologi PTK dan Lesson Study |
Action Research and Lesson Study |
3 |
1 |
√ |
|
6 |
Teori Belajar; Pembelajaran inovatif 1 & 2, Metodologi Penelitian |
|||||
43 |
Program Pengelolaan Pembelajaran/ PPL I |
Internship |
2 |
1 |
√ |
|
6 |
Media Pembelajaran |
|||||
44 |
Pembelajaran Inovatif 2 |
Innovative Learning II |
2 |
1 |
√ |
|
6 |
Dasar-Dasar Kependidikan |
|||||
45 |
Ekonomi Moneter |
Monetary Economics |
3 |
0 |
√ |
|
6 |
Pengantar Teori Ekonomi Makro |
|||||
46 |
Ekonometri |
Econometry |
3 |
1 |
√ |
|
6 |
Statistik 1 |
|||||
47 |
Ekonomi Publik |
Public Economics |
2 |
0 |
√ |
|
7 |
Pengantar Teori Ekonomi Mikro |
|||||
48 |
Seminar Pendidikan Ekonomi |
Seminar of Economic Education |
3 |
1 |
√ |
|
7 |
Metodologi Penelitian; Metode PTK dan Lesson Study |
|||||
49 |
Program Pengelolaan Pembelajaran/ PPL II |
Internship |
2 |
1 |
√ |
|
7 |
Pengembangan Perangkat Pembelajaran; PPL I |
|||||
50 |
KKN |
Community Service |
4 |
|
√ |
|
7 |
- |
|||||
51 |
Skripsi |
Thesis |
6 |
|
√ |
|
8 |
Sudah menempuh 141 SKS |
|||||
52 |
Administrasi dan Manajemen Sekolah |
School Management and Administration |
2 |
0 |
|
√ |
6 |
PIAM |
|||||
53 |
Pembelajaran IPS |
Social Science Learning |
2 |
0 |
|
√ |
6 |
Teori Belajar |
|||||
54 |
Akuntansi Koperasi |
Cooperation Accounting |
2 |
1 |
|
√ |
8 |
Pengantar Akuntansi |
|||||
55 |
Lembaga Keuangan dan Pasar Modal/ Bank dan Non Bank |
Institutional Finance and Exchange Market |
2 |
0 |
|
√ |
8 |
Ekonomi Moneter |
|||||
56 |
Ekonomi Sumber Daya/ MSDM |
Resources Economics |
2 |
0 |
|
√ |
7 |
Pengantar Teori Ekonomi Mikro |
|||||
57 |
Ekonomi Regional |
Regional Economics |
2 |
1 |
|
√ |
7 |
Ekonomi Pembangunan |
|||||
58 |
Ekonomi Politik |
Political Economics |
2 |
1 |
|
√ |
7 |
Pengantar Teori Ekonomi Makro |